Olahraga

Indonesia Kembali Dipercaya FIBA Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Basket U-19 Tahun 2027

×

Indonesia Kembali Dipercaya FIBA Menjadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Basket U-19 Tahun 2027

Sebarkan artikel ini
Indonesia Kembali Dipercaya FIBA Menjadi Tuan Rumah

Indonesia Kembali Dipercaya FIBA Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Basket U-19 Tahun 2027

Jakarta, Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) kembali menunjukkan kepercayaannya kepada Indonesia dengan menunjuk negara ini sebagai kandidat tuan rumah Kejuaraan Dunia Basket U-19 tahun 2027. Hal ini disampaikan langsung oleh Anggota Dewan Central Board FIBA Ingo Weiss kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo dalam audiensi yang diadakan di Jakarta.

Penunjukan ini tak lepas dari kesuksesan Indonesia dalam menggelar Piala Dunia Bola Basket FIBA 2023 bersama Filipina dan Jepang. Menilai penyelenggaraan di Indonesia kala itu merupakan yang terbaik.

“Kami memilih Indonesia menjadi kandidat tuan rumah Kejuaraan Dunia FIBA U-19 pada 2027 mendatang,” ujar Ingo Weiss, seperti dilansir dari siaran pers resmi yang diterima InfoPublik, Jumat (3/5/2024).

Baca Juga :   Kapolda Babel Semangati Atlet Taekwondo Bertanding di Piala Pangkostrad Cup 2024

Lebih lanjut, Ingo menjelaskan bahwa ada beberapa pertimbangan lain dipilihnya Indonesia sebagai kandidat tuan rumah. Pertama, rencana FIBA untuk membuka kantor di Jakarta tahun ini, yang akan memudahkan koordinasi penyelenggaraan kejuaraan dunia. Kedua, perkembangan infrastruktur olahraga di Indonesia yang signifikan, khususnya dalam olahraga basket, dengan keberadaan Indonesia Arena sebagai bukti nyatanya.

Menanggapi hal tersebut, Menpora Dito menyambut baik kepercayaan FIBA dan menyatakan bahwa Indonesia siap untuk mengikuti bidding tuan rumah Kejuaraan Dunia U-19.

“FIBA memberikan angin segar yang tampaknya mereka juga ingin Piala Dunia untuk U-19 itu digelar di wilayah Asia,” ujar Menpora.

Menpora Dito menambahkan bahwa Indonesia dalam beberapa tahun ke depan memang mengupayakan bisa menjadi tuan rumah kejuaraan-kejuaraan tingkat dunia, khususnya pada kategori junior yang juga menjadi ajang pembinaan bagi talenta-talenta muda Tanah Air.

Baca Juga :   Semarak HUT ke-731 Surabaya! Matapanah Cup Race 2024 Adu Nyali Pembalap dari Sabang sampai Merauke

“Indonesia memiliki fasilitas-fasilitas olahraga yang bisa digunakan untuk kejuaraan-kejuaraan dunia. Penyelenggaraannya pun tidak harus di Jakarta, tetapi juga bisa di kota-kota lain di Indonesia,” tambah Menpora.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Perbasi Danny Kosasih menilai kepercayaan FIBA harus disambut baik. Apalagi apabila terpilih sebagai tuan rumah, Indonesia akan lolos otomatis ke kejuaraan tersebut.

“Jadi Perbasi harus segera menyiapkan tim yang menuju ke sana, kalau memang Kejuaraan Dunia U-19 itu jadi digelar di Indonesia,” tutur Danny.

Kejuaraan Dunia Basket U-19 merupakan turnamen bola basket internasional yang diadakan setiap dua tahun sekali. Turnamen ini diikuti oleh tim nasional basket U-19 dari seluruh dunia.

Baca Juga :   Polwan Brimob Raih Perak Kejuaraan Asia Indoor Skydiving 2024

Sumber:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *